Home » , , » Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Cara Mencegah Penyakit Diabetes
Tahukah Anda bahwa penyakit diabetes adalah penyakit pembunuh nomor tiga di Indonesia? Setiap tahunnya, ratusan ribu penduduk Indonesia meninggal karena diabetes. 

Diabetes terjadi ketika tubuh kekurangan produksi insulin, dan insulin yang ada tak bisa mengendalikan kadar gula darah yang berlebih.  Diabetes juga dapat disebabkan oleh pola hidup tak sehat, kurang olahraga, dan faktor genetik atau keturunan. 

Namun jangan khawatir, berikut 4 cara mencegah penyakit diabetes yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan praktis. Namun, sebelum anda mengetahi cara mencegah, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu cara mengobati diabetes.

Salah satu cara yang kami rekomendasikan kepada anda adalah dengan konsumsi produk herbal alami yaitu produk melia propolis. Produk melia propolis sangat ampuh menyembuhkan penyakit diabetes dan banyak yang sudah memberikan testimoni. Harga produk propolis melia pun sangatlah terjangkau dan anda bisa memilih produk yang ukuran besar ataupun kecil. Setelah anda mengetahui cara mengobati diabetes dengan melia propolis. Selanjutnya anda juga harus tahu bagaimana cara mencegah sakit diabetes.

4 Cara Mencegah Penyakit Diabetes Sejak Dini

Cara Mencegah Penyakit Diabetes

1. Ganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah.
Salah satu cara mencegah penyakit diabetes adalah dengan mengubah menu makanan kita sehari-hari. Mengganti nasi putih dengan nasi merah sangat dianjurkan untuk mencegah penyakit diabetes.
 

Nasi merah sangat baik bagi penderita diabetes karena kandungan seratnya yang lebih tinggi dari nasi putih. Selain itu, nasi merah dengan indeks glikemik sebanyak 55 tidak menambah banyak gula darah dalam tubuh, berbeda dengan nasi putih yang cepat menambah kadar gula darah dan cepat membuat kita merasa kekenyangan. Kekenyangan ini membuat kita lebih sedikit beraktifitas dan menyebabkan resiko diabetes lebih tinggi.

2. Rutin mengkonsumsi sayur bayam 

Cara mencegah penyakit diabetes yang kedua adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi sayur bayam. Sayur berwarna hijau ini sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes karena mengandung banyak serat dan vitamin. Selain itu, bayam juga kaya akan antioksidan dan mengandung lemak yang sangat sedikit, itulah mengapa penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi sayuran ini lebih sering.
     

Namun bagaimana cara kita mengolah bayam juga turut mempengaruhi jumlah gizi yang kita dapat. Bayam sebaiknya direbus dalam waktu yang tak terlalu lama agar gizinya tak hilang atau larut di dalam air. Untuk lebih praktisnya, kita bisa membuat jus bayam sendiri di rumah. Jika tak nyaman dengan rasanya, jangan tambahkan gula. Gula bisa membuat rencana kita menghindari diabetes menjadi sia-sia. Lebih baik tambahkan madu murni untuk sedikit mengurangi rasa alami bayam.

3. Rutin berolahraga.
Apabila seseorang memiliki garis keturunan penderita diabetes, maka resiko orang tersebut untuk menderita penyakit yang sama meningkat menjadi 3 kali lipat. Namun bukan berarti kita tak bisa melakukan pencegahan sejak dini. Membiasakan berolahraga setiap hari secara rutin dapat membantu membakar lemak dalam tubuh dan melancarkan sirkulasi darah.
Olahraga juga penting untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Sering kita temui orang yang memiliki berat badan berlebih umumnya lebih rentan terkena diabetes. Hal ini dikarenakan tubuh menyimpan lemak dalam jumlah yang berlebih, dan lemak ini akan mengganggu kerja insulin dalam tubuh sehingga menimbulkan resiko diabetes. Karena segudang manfaat dimiliki, rutin olahraga menjadi cara mencegah penyakit diabetes yang sangat efektif.

4. Memperhatikan menu makan, pola makan, dan waktu makan.

Kebiasaan olahraga juga sebaiknya diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Jenis makanan yang kita konsumsi juga penting untuk diperhatikan. Penderita diabetes disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung santan, makanan manis, makanan berlemak tinggi, dan makanan instan atau fast food.
Selain menu makan, mengatur pola makan yang baik juga merupakan salah satu cara mencegah penyakit diabetes. Hindari makan terlalu sering, baik makan berat maupun hanya sekedar 'ngemil'. Makan terlalu sering dan perut yang diisi terlalu banyak akan membuat tubuh kita menjadi malas bergerak.


Jika terasa ingin 'ngemil', akan lebih baik jika kita mengganti cemilan dengan buah yang rendah lemak dan gula, misalnya seperti apel. Apel sendiri juga bermanfaat untuk mencegah diabetes dan berbagai penyakit lainnya. Seperti yang dikatakan dalam sebuah pepatah dunia kesehatan, "One apple a day, keeps a doctor away". Itulah beberapa tips dan cara mencegah penyakit diabetes. Masih banyak jalan dan cara lain untuk menghindari penyakit diabetes, ayo jaga kebiasaan sehat mulai hari ini untuk kesehatan di masa datang. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

KLIK OTOMATIS





HARGA MELIA BIYANG TERBARU

1 Botol Melia Biyang : 500.000 Rp. 250.000,-

2 Botol Melia Biyang : 1000.000 Rp. 500.000,-

3 Botol Melia Biyang : 1.500.000 Rp. 750.000,-

4 Botol Melia Biyang : 2.000.000 Rp. 1.000.000,-

CARA PEMESANAN